Sabtu 05 Jul 2014 01:00 WIB

Hati-Hati, Ahok Sebut Banyak Bus TransJakarta yang Sudah Tua

Rep: c63/ Red: Bilal Ramadhan
Bus TransJakarta melintas di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/6).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Bus TransJakarta melintas di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 'Ahok' mengatakan kejadian kecelakaan bus TransJakarta yang terjadi dalam kurun waktu dua hari terakhir ini, selain karena kurangnya kehati-hatian pengemudi, juga dikarenakan sudah tuanya usia bus TransJakarta.

"Itu pasti akan terjadi kalau banyak yang tua, busnya juga, supirnya juga," kata Ahok di Balai Kota, Jumat (4/6).

Ahok menyebut banyak bus TransJakarta yang sebenarnya sudah tidak layak jalan. Hanya saja karena kurangnya armada bus TransJakarta, bus-bus tersebut terpaksa dijalankan. Selain kondisi bus, Ahok menyebut sistem pengelolaan Transjakarta oleh beberapa operator juga menjadi menjadi sebab. Karena ada beberapa operator yang tidak mengelola secara optimal.

Oleh karenanya jika pengelolaan TransJakarta tidak dikendalikan secara swasta, pengelolaan TransJakarta tidak akan berjalan optimal. Menurutnya, dengan pengelolaan secara swasta akan mempertegas peraturan dalam pengelolaan bus TransJakarta.

"Makanya kemarin saya bilang ke PT Trans(jakarta) kan, anda pikirannya enggak boleh seperti birokrasi. Mesti berani ditegakkan, " kata Ahok.

Untuk pengemudi bus sendiri, mantan Bupati Belitung Timur tersebut menegaskan sanksi harus dijalankan oleh operator jika pengemudi diketahui lalai dalam berkemudi. Ia juga beberapa kali mengatakan bahwa pengemudi TransJakarta harus diberi pelatihan mengemudikan bus sebelum menjadi pengemudi TransJakarta.

Sebelumnya dua kejadian kecelakaan tunggal bus TransJakarta terjadi secara beruntun. Kamis (3/7) pagi, bus TransJakarta jurusan PGC-Harmoni menabrak pembatas jalan di Jalan Otista Raya, Jakarta Timur. Kecelakaan terjadi diduga karena supir bus menghindari Kopaja 502 (Tanah Abang-Kampung Melayu) yang masuk jalur busway.

Satu hari berselang, Jumat (4/6) pukul 06.20 WIB bus TransJakarta kembali mengalami kecelakaan, yang kali ini menabrak sebuah pohon di Jalan Daan Mogot, dekat Halte Taman Kota, Jakarta Barat. Kecelakaan terjadi karena supir bus membanting setir akibat menghindari tiga pengendara motor yang masuk ke jalur busway. Kecelakaan menyebabkan puluhan penumpang terluka yang kemudian dilarikan ke RS Sumber Waras, Grogol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement