Selasa 24 Jun 2014 03:50 WIB

USAID Sebut Kemampuan Membaca Anak Indonesia Relatif Tinggi

Anak membaca buku (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Anak membaca buku (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Lembaga donor dari Amerika, USAID menyatakan jika anak-anak Indonesia yang masih duduk di bangku kelas 1 dan 2 mempunyai kemampuan yang relatif tinggi dalam hal membaca.

"Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, anak-anak Indonesia yang masih kelas I dan II itu punya kemampuan membaca yang cukup tinggi dan itu ditunjang dari beberapa aspek yang mempengaruhi anak didik tersebut," ujar Project Management Specialist USAID-Indonesia, Ester Manurung di Makassar, Senin (23/6).

USAID yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kemenag dan Myriad Research melakukan survei nasional mengenai penilaian kemampuan membaca siswa kelas awal atau (EGRA) serta potret efektivitas pengelolaan sekolah (SSME).

Dia mengatakan, survei nasional yang dilakukannya itu bertujuan untuk menginformasikan kepada pemerintah mengenai apa yang terjadi di sekolah-sekolah dasar di Indonesia mengenai daya tangkap anak didik itu.

Ester yang didampingi oleh Education Officer USAID Indonesia, Lawrence W Dolan itu mengaku jika survei ini melibatkan 4.800 siswa kelas II di 400 sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan membaginya kedalam empat wilayah di Indonesia.

Pembagian wilayah dilakukan dengan merata terhadap siswa dan siswinya. Keempat wilayah itu antaralain, wilayah I meliputi Sumatera, wilayah II Jawa-Bali, wilayah III Kalimantan-Sulawesi dan wilayah IV meliputi provinsi Maluku, Nusa Tenggara dan Papua (MNP).

Hasil survei secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa-siswi di Indonesia mempunyai kemampuan membaca yang relatif tinggi karena hampir setengah siswa atau 48 persen merupakan siswa yang fasih dan memahami apa yang dibacanya.

Sementara itu 5,9 persen responden dari seluruh siswa kelas II di Indonesia itu masuk dalam kategori yang terendah atau belum dapat membaca meskipun telah duduk dibangku sekolah dasar.

"Survei kami itu hanya fokus pada kemampuan membaca anak kelas I dan II. Dari hasil survei cukup bagus karena 48 persen itu mereka bisa membaca secara fasih dan yang tidak dapat membaca itu hanya sekitar 5,9 persen saja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement