Kamis 12 Jun 2014 00:40 WIB

Potensi Gunung Wilis Dikelola Enam Daerah

Gunung Wilis dilihat dari arah barat
Foto: id.wikipedia.org
Gunung Wilis dilihat dari arah barat

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Pemprov Jatim memfasilitasi kerja sama pengelolaan potensi ekonomi dan wisata Gunung Wilis dengan melibatkan enam daerah sekaligus yang ada di seputaran wilayah tersebut.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama pengelolaan potensi ekonomi di selingkar Gunung Wilis dipimpin langsung oleh Gubernur Soekarwo, dengan harapan mengurangi kesenjangan antarmasing-masing daerah.

"Kalau potensi ekonominya bisa dikelola dengan optimal, tentu kesejahteraan masyarakatnya juga meningkat. Intinya kerjasama ini bertujuan mengurangi kesenjangan masyarakat antardaerah," kata Pakde Karwo, demikian gubernur biasa dipanggil, dalam pidato sambutannya.

Ia mengingatkan pada semua kepala daerah yang telah menandatangani kerjasama, agar terus menindaklanjuti setiap perjanjian yang telah disepakati.

Langkah selanjutnya, lanjut dia, yang harus segera dilakukan keenam pemerintah daerah adalah melakukan pemetaan dan mencari tahu apa saja potensi yang ada di masing- masing daerah.

Hasil dari pemetaan selanjutnya dirangkum dalam rancangan pembangunan yang terkonsep matang di badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda).

"Kalau memiliki potensi pertanian, maka dibuatlah perencanaan dan bantuan apa yang cocok dan dibutuhkan untuk mengembangkan pertanian, agar masyarakat di daerah tersebut dapat dan bisa lebih baik kesejahteraannya. Demikian juga untuk potensi lainnya," imbuhnya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement