Jumat 30 May 2014 12:13 WIB

SBY Minta Laporan Situasi Terkini di Kemenag

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Menteri Agama Suryadharma Ali, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (26/5).
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Menteri Agama Suryadharma Ali, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, CIPANAS -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta laporan terkait situasi terkini di Kementerian Agama pasca pengunduran diri Suryadharma Ali sebagai Menteri Agama beberapa hari lalu. Saat ini, pucuk pimpinan tertinggi Kemenag dipegang oleh Menko Kesra, Agung Laksono sebagai Menag ad interm.

"Saya akan meminta Menko Kesra kondisi di Kemenag," katanya saat membuka rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, Cipanas, Jawa Barat, Jumat (30/5).

Ia menjelaskan Menko Kesra akan bekerja sementara waktu sampai ditunjuk menteri definitif untuk menjalankan sisa masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II yang tinggal lima bulan.

Menurutnya, penunjukan sementara Menko Kesra sebagai Menag ad interm untuk meredam dampak psikologis yang timbul dalam kemenag. Tak hanya itu, ia juga berperan untuk mengkoordinasikan beberapa program prioritas di kemenag agar tetap berjalan.

Presiden pun sedikit memberikan kronologis mundurnya SDA dari jajaran KIB II kepada jajaran menteri yang ikut rapat. Ia mengatakan landasan utama mundurnya SDA tak lain agar SDA bisa fokus menjalankan proses hukum yang disangkakan padanya oleh KPK. Dalam waktu kurang dari satu pekan, proses pembicaraan untuk mengundurkan diri secara lisan dan tertulis pun sudah dijalani.

"Saya hargai niat Pak Suryadharma Ali untuk mundur. Beliau sudah saya berhentikan dari posisinya sebagai Menteri Agama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement