Rabu 28 May 2014 16:06 WIB

Lestarikan Silat Betawi Melalui Festival Palang Pintu

Festival palang pintu Kemang
Foto: Republika/Prayogi
Festival palang pintu Kemang

REPUBLIKA.CO.ID, MAMPANG PRAPATAN -- Menyambut datangnya Hari jadi Kota Jakarta, Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) bersama Padepokan Seni Budaya Betawi Manggar Kelape kembali menggelar Festival Palang Pintu yang rencananya diselenggarakan pada 7 dan 8 Juni 2014.

Festival yang akan diselenggarakan di Jalan Kemang Selatan, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini sudah memasuki tahun ke sembilan sejak pertama kali dimulai pada 2005 lalu.

Sri Rahayu Ningsih, seorang panitia acara mengatakan, acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. "Tahun kemarin Gubernur yang membuka acara, Insya Allah tahun ini beliau bisa hadir," katanya pada Republika, Rabu (28/5) di posko Forkabi.

Selain bertujuan melestarikan silat Betawi, Festival Palang Pintu IX ini juga berkeinginan untuk mengenalkan budaya Betawi lainnya kepada masyarakat luas. "Tidak hanya untuk orang Indonesia, tapi juga warga asing yang ada di Jakarta," ujar Ibu asal Rempoa, Jaksel.

Menurutnya, Festival sepanjang satu kilometer (km) ini sudah bertaraf Go Internasional. Ayu, begitu sapaan akrabnya melanjutkan, target pengunjung yang datang diperkirakan lebih dari 50 ribu orang per harinya.

"Karena ini free, jadi kami agak kesulitan mendata jumlah pengunjung yang datang," tambahnya.

Pada Festival Palang Pintu IX nanti beragam acara yang kental dengan budaya Betawi akan ditampilkan seperti Karnaval Budaya, Arak-Arakan, Kuliner khas Betawi, Lenong, Funbike, Bazzar, hingga lomba Palang Pintu se-Jabodetabek yang akan memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta. 

Selain itu, ada juga beberapa lomba seperti Tari Betawi, Band, Mewarnai, Menggambar, serta Foto Hunting. Demi menyemarakkan acara, panitia juga mengundang Seniman Betawi yakni, Mpok Nori, hingga Band Legendaris Koes Plus.

sumber : c84
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement