Selasa 13 May 2014 14:40 WIB

Indikator: Jokowi Semakin Ungguli Prabowo dan Ical

Rep: c57/ Red: Bilal Ramadhan
Jokowi dan Puan Maharani
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jokowi dan Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Indikator Politik Indonesia (IPI) kembali melakukan survei terhadap nama-nama yang akan menjadi calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Hasil survei mengungkapkan elektabilitas Jokowi semakin unggul dengan dua capres lain yaitu Prabowo Subianto dan Aburizal 'Ical' Bakrie.

Jokowi memimpin dengan perolehan suara sebesar 31,8 persen, sedangkan Prabowo dari Gerindra meraih 19,8 persen dan Ical dari Golkar sebesar 7 persen. Peneliti Indikator, Burhanudin Muhtadi mengatakan dalam simulasi Top of Mind ini, seluruh responden dibebaskan untuk memilih siapa pun capres pilihannya tanpa dibatasi.

Sementara dalam simulasi semi terbuka terhadap 31 nama capres, lanjut Burhanuddin, Jokowi lagi-lagi masih memimpin perolehan suara dengan 36,7 persen. Hasil ini, jelas Burhanuddin, diikuti Prabowo dengan perolehan suara 21,3 persen dan Ical dengan perolehan 8,1 persen suara.

Sementara dalam simulasi 14 nama, paparnya, Jokowi kembali memimpin perolehan suara dengan 39,7 persen suara. Hasil ini, diikuti Prabowo dengan perolehan 23,8 persen dan Ical dengan 9,3 persen. Bahkan dalam simulasi tiga nama, ujar Burhanuddin, Jokowi kembali memimpin perolehan suara dengan 45,5 persen.

Burhanuddin menyimpulkan elektabilitalitas ketiga calon presiden terus meningkat dalam survei dengan bentuk simulasi yang berbeda-beda. Survei ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang, dengan 'margin of error' sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement