Senin 07 Apr 2014 18:00 WIB

Sumenep Sediakan Rp85,5 Miliar untuk Membangun Jalan

Perbaikan jalan.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Perbaikan jalan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, menyediakan dana sebesar Rp85,5 miliar lebih untuk pembangunan infrastruktur jalan pada tahun anggaran 2014.

"Dana sebesar Rp85,5 miliar lebih itu merupakan bantuan dari APBN melalui dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp9,836 miliar, APBD Provinsi Jawa Timur Rp10 miliar, dan sisanya sebesar Rp66 miliar dianggarkan di APBD Pemkab Sumenep," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Pemkab Sumenep, Edy Rasiyadi, Senin.

Ia menjelaskan dana puluhan miliar itu dibagi dalam dua kegiatan, berupa peningkatan dan pelebaran jalan untuk kecamatan daratan dan kepulauan.

"Kegiatan di wilayah daratan difokuskan untuk poros jalan kecamatan dan desa, dengan bentuk jalan hotmix, sedangkan kepulauan kita lakukan sistem cor," terang Edy.

Ia mengungkapkan dari dana Rp85,5 miliar lebih itu peruntukan kegiatan peningkatan dan pelebaran jalan untuk kepulauan sekitar 16,7 persen atau sekitar Rp14,285 miliar. Sisanya sebesar Rp71,278 miliar untuk wilayah daratan.

Peruntukan dana infrastruktur jalan, sambung dia, memang lebih besar untuk wilayah daratan dibandingkan dengan Kepulauan, karena kebutuhan dan jenis kerusakan jalan memang lebih banyak.

Besaran alokasi dana perbaikan infrastruktur jalan di daratan itu, kata dia, bukan berarti pemkab mengabaikan kemajuan pembangunan di Kepulauan dibandingkan di daerah daratan.

"Kami juga akan mencoba menjalin kerja sama dengan investor guna melakukan pembukaan usaha atau sebagainya khusus untuk kepulauan, sehingga barangkali dengan cara itu, maka semua jalan di Kepulauan juga bisa dihotmix," ujarnya.

Edy menambahkan kegiatan infrastruktur ini dimulai sejak akhir Maret 2014 dan akan berlangsung hingga Agustus 2014.

"Surat Perintah Kerja (SPK) proyek konstruksi sudah dilakukan tanggal 28 Maret 2014 dan langsung dilaksanakan. Kemungkinan besar, bulan Agustus nanti, semua pekerjaan sudah selesai," ungkap Edy Rasiyadi.

Kabupaten Sumenep memiliki 27 kecamatan, terdiri dari 19 kecamatan daratan dan 8 kecamatan kepulauan.

Untuk Kepulauan, terdapat 126 pulau, 48 di antaranya merupakan pulau yang berpenghuni, dan 78 pulau lainnya tidak berpenghuni.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement