Jumat 14 Mar 2014 17:17 WIB

Anhar Gonggong: Jokowi Sudah Selesai dengan Sejarah Dirinya

Rep: C62/ Red: A.Syalaby Ichsan
Guru Besar Universitas Indonesia Prof Anhar Gonggong
Guru Besar Universitas Indonesia Prof Anhar Gonggong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarawan Universitas Indonesia Anhar Gonggong mengingatkan para peserta calon presiden 2014 untuk menyelesaikan urusan masing-masing sebelum dapat menyelesaikan urusan jutaan rakyat Indonesia.

"Jika anda ingin jadi capres harus selesai dengan diri anda sendiri," katanya saat menyampaikan pendapatnya pada diskusi "Tokoh Muda di Pentas Politik 2014" di Galeri Caffe Cikini, Jakarta, Jumat (14/3).

Anhar juga menilai Jokowi sudah pantas menjadi presiden 2014.  Menurut dia, Jokowi sudah selesai dengan sejarah dirinya sendiri. "Ini bukan dukungan, tapi berdasarkan pengamatan saya, jokowi sudah selesai dengan dirinya sendiri," kata Anhar yang juga mengamati capres lainnya. "Termasuk pak Dino," katanya.

Namun yang terpenting, kata Anhar, jika Jokowi jadi presiden, para pendukungnya harus demokratis. Kalau tidak, ujarnya, elektabilitas Jokowi lambat laun akan menurun.

Anhar mengungkapkan, ketika seorang kepala negara atau pemerintah tidak selesai dengan urusan sendiri maka akan berat jika menangani urusan jutaan rakyat.  "Maka saya katakan negara bisa dijual," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement