Kamis 06 Mar 2014 17:26 WIB

Pesanan Atribut Kampanye Membludak di Pasar Senen

Rep: c40/ Red: Bilal Ramadhan
pemasangan poster dan atribut .ilustrasi
Foto: edwin putranto/republika
pemasangan poster dan atribut .ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif yang akan segera digelar pada 9 April 2014, pedagang atribut partai Pasar Senen kedapatan order besar dari partai-partai baru. Hal itu di luar dugaan bagi para pedagang atribut kampanye di Pasar Senen. Beragam nama partai baru berhasil keluar sebagai nama yang banyak di pesan oleh di Pasar Senen mendekati Pemilihan Legislatif (Pileg) yang tinggal satu bulan pelaksanaannya.

Beberapa penjual atribut partai dikonfirmasi oleh //Republika// dan menceritakan perjalanannya sebagai seorang pedagang atribut partai di Pasar Senen. "Sejumlah atribut dipesan oleh partai-partai baru, seperti Nasdem, PKPI, dan Hanura. kalau beberapa bulan yang lalu partai-partai besar juga sudah banyak yang memesan. Mungkin sudah difasilitasi partainya masing-masing mungkin ya," kata salah satu penjual atribut partai di lantai I, Pasar Senen, Sumi Hendarwati (36 tahun), Kamis (6/3).

Sumi menjelaskan, sehari dia bisa mendapatkan omset sebesar Rp 2 juta jelang pileg yang akan segera digelar. Dia mengatakan, omzet itu lebih banyak dari pemesanan sebelumnya. Beberapa pemesanan tersebut biasanya dilakukan via telfon kemudian memberi uang muka untuk pengerjaan sesuai yang di pesan.

Sumi menambahkan, harga kaos pun bervariasi dengan mulai dari harga Rp 25 ribu per potong untuk bahan tebal dan Rp 8 ribu untuk bahan tipis. "Kaos tipis minimal pesan seribu potong. Kalau yang tebal bisa satuan," kata Sumi..

Sumi mengungkapkan, sebelumnya, hampir semua partai memiliki tingkat pemesanan yang seimbang. Namun bedanya, nama-nama baru yang tak diprediksi 'malah' memiliki penjualan yang hampir sama dengan partai-partai besar atau bahkan partai-partai kecil lebih besar penjualannya.

"Dulu ngiranya Demokrat, PDI, Golkar yang banyak yang beli. Tapi ini Nasdem, Hanura, juga banyak. Di luar perkiraan gitu," ujar Sumi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hedi Hendaryono (40 tahun). Dia menjelaskan bahwa tak banyak selisih yang terjadi dalam penjualan, namun ada satu nama partai baru yang memiliki daya jual yang tak kalah tinggi.

Hedi menambahkan, semua jenis pemesanan bisa dirampungkan dalam waktu selama-lamanya satu minggu. Sementara, Untuk mensiasati pemesanan dengan jumlah besar, terkadang dia melakukan kerjasama dengan pejual lain bila pekerjanya tidak sanggup menyelesaikan pesanan.

Berdasarkan pantauan //Republika//, di blok I Pasar Senen tersebut terdapat sekitar 250 pedagang atribut kampanye yang berada di lantai I, II, dan III. Di lantai dasar dan lantai dua pasar, hampir semua kios terdapat penjual atribut partai seperti, kaos partai, bendera partai, gelas partai, gantungan kunci yang bergambar partai, topi partai, jaket partai, kalender partai, dan lain-lain.

Semua jenis atribut partai pun ada dari 13 partai yang lolos. Atribut partai tersebut sesuai dengan pesanan partai yang menginginkan dan cuma sedikit yang sengaja dijual, melainkan hanya untuk contoh model dan jenis bahannya. Suasana di lantai I tampak lebih ramai pengunjung yang sedang melakukan pemesan dan terlihat beberapa yang sedang melihat-lihat sambil bertanya-tanya kepada penjual dibandingkan dengan lantai II dan III.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement