Rabu 05 Mar 2014 12:06 WIB

Dua Kapal Baru Basarnas Dinamai Kota Kelahiran SBY dan Ibu Ani

Rep: Esthi Maharani/ Red: Fernan Rahadi
Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono
Foto: X01068-Beawihata
Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono menghadiri peringatan HUT Badan SAR Nasional (Basarnas) pada Rabu (5/3). Peringatan tersebut digelar di dermaga PT Indah Kiat Pulp And Paper Merak Mas, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provinsi Banten

Dalam peringatam HUT Basarnas ke -42 di perairan Selat Sunda ini rencananya akan diwarnai simulasi kecelakaan laut. Dalam simulasi itu, para personel Basarnas akan memperagakan penanganan bencana kecelakaan laut

Selain menghadiri HUT Basarnas, Presiden SBY dijadwalkan meresmikan dua kapal nasional (KN) jenis Katamaran. Satu kapal diberi nama KN Pacitan atau SAR 102 yang tak lain nama kota kelahiran Presiden SBY. Sedangkan satu kapal lagi diberi nama KN Purworedjo atau SAR 101 yang tak lain nama kota kelahiran Ibu Ani.

Kapal baru ini merupakan produk dalam negeri untuk kebutuhan Basarnas, dan selesai dibuat tahun 2014. Dengan menggunakan mesin merk MAN dari Jerman untuk KN Pacitan dan mesin merk Cummin untuk KN Purworedjo, masing-masing Kapal menggunakan 4 buah mesin, sehingga kapal bisa melaju dengan kecepatan hingga 30 knot per jam.

Kapal Katamaran ini dirancang untuk kepentingan Basarnas karena sudah dilengkapi dengan segala fasilitas untuk penyelamatan dan pencarian korban kecelakaan serta halypad.

Kedua kapal ini akan dikirim ke dua daerah, yaitu KN Pacitan akan dikirim ke laut Kendari dan KN Purworedjo dikirim ke Batam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement