Rabu 19 Feb 2014 08:59 WIB

725 Pengungsi Sinabung Dipulangkan Secara Bertahap

Korban bencana Sinabung
Foto: EPA
Korban bencana Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT, SUMUT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, akan memulangkan 725 pengungsi asal Kabupaten Tanah Karo secara bertahap.

"Kita segera lakukan sosialisasi untuk pemulangan para pengungsi asal Tanah Karo ini, sehubungan mulai amannya erupsi gunung Sinabung," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Herdianul Zally di Stabat, Rabu (19/2).

Ia mengatakan rencana pemulangan 725 warga yang selama ini ditampung di lokasi pengungsian Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei itu, tidak secara keseluruhan namun dilakukan secara bertahap melihat radius daerah dari sekitar erupsi gunung Sinabung.

Ada sekitar 165 warga direncanakan akan dipulangkan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh posko utama di Kabanjahe.

Warga yang sudah disosialisasikan untuk dipulangkan ini berasal dari tiga desa di luar radius lima kilometer yaitu Desa Kebayaken, Desa Kuta Mbelin dan Desa Batu Karang, katanya.

Dari 165 warga itu, Desa Kebayaken terdapat 159 warga atau 48 kepala keluarga, Kuta Mbelin 3 warga atau satu kepala keluarga, dan Desa Batu Karang 3 warga atau satu keluarga.

"Jadi keseluruhannya 165 warga atau 50 kepala keluarga dari 725 warga yang sekarang ini berada di posko penampungan pengungsi yang ada di Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement