Ahad 16 Feb 2014 19:39 WIB

PKPU Salurkan Bantuan Korban Kelud di Kediri

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menikmati nasi bungkus yang didistribusikan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU pada Sabtu (15/2).
Foto: Istimewa
Pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menikmati nasi bungkus yang didistribusikan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU pada Sabtu (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Lembaga kemanusiaan nasional, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri. Penyaluran bantuan diutamakan kepada warga yang belum tersentuh bantuan.

Koordinator Lapangan PKPU Wilayah Kediri, Muhammad Soleh mengatakan bantuan telah disalurkan ke sejumlah desa di antaranya Kebonrejo, Pare, dan Satak. Bantuan didapat dari internal lembaga dan donatur. "Kami membagikan bantuan ke warga yang wilayahnya sulit dijangkau," ungkapnya, Ahad (16/2).

Bantuan di Dusun Satak, Desa Satak, Kecamatan Puncu diserahkan langsung kepada warga yang tidak mengungsi pada Ahad. Dari 1.500 kepala keluarga di dusun tersebut, 500 KK tidak mengungsi. Logistik yang dibagikan berupa air mineral kemasan, mie instan, biskuit, susu, dan masker. 

Logistik yang masih dibutuhkan warga di Kediri antara lain air mineral, masker, dan makanan siap saji. "Bahan makanan dan air bersih masih langka," ungkapnya.

Penyaluran bantuan ke korban erupsi Gunung Kelud juga dilakukan PKPU di wilayah lain yang terdampak yakni Kabupaten Blitar dan Malang. Selain penyaluran logistik, PKPU juga membantu membersihkan fasilitas umum dari material vulkanik.

Bantuan PKPU juga disalurkan ke Yogyakarta yang mendapat dampak erupsi Gunung Kelud. Sebanyak 6 ribu masker disalurkan ke warga Yogyakarta saat hujan abu vulkanik Jumat (14/2) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement