Sabtu 15 Feb 2014 21:16 WIB

Bandara Juanda Surabaya, Resmi Dibuka Kembali

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Muhammad Fakhruddin
  Petugas membersihkan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (14/2). (Antara/Regina Safri)
Petugas membersihkan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (14/2). (Antara/Regina Safri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Bandar Udara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, PT. Angkasa Pura, resmi kembali membuka operasionalnya. Petugas Airport Duty Officer (ADO) Mardi Budoyo mengatakan, geliat aktivitas di bandara tersebut sudah menuju normal.

Namun, kata dia, sejak dibuka, hinga besok pagi, Ahad (16/2) belum akan ada aktivitas penerbangan. Baik dari atau pun menuju Bandara Juanda.Hal tersebut, dikatakan dia, lantaran belum ada satu pun permintaan maskapai untuk melakukan penerbangan atau pun pendaratan. ''Operasionalnya sore tadi sudah mulai normal. Tepat pukul 18:00 (WIB) sudah kembali beroperasi,'' kata Mardi, saat dihubungi, Sabtu (15/2).

Mardi menerangkan, aktivitas penerbangan pertama terjadwal dari Juanda, tercatat pukul 05:15 WIB, Ahad (16/2), yaitu, dari Juanda menuju, Soekarno Hatta, Jakarta.

Mardi juga mengatakan, landasan udara Bandara Juanda, sudah bersih dari abu vulkanik dan pasir halus akibat letusan Gunung Kelud. Sejak erupsi, Kamis (13/2), abu vulkanik dan pasir muntahan Gunung Kelud, dikatakan Mardi, nyaris melumpuhkan aktivitas operasional dan menghentikan semua jadwal penerbangan bandara utama di Jawa Timur itu.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, dalam pesan singkatnya, Sabtu (15/2) membenarkan informasi tersebut. Kata dia, sudah tidak ada kendala apa pun terkait penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda. ''Jika ada maskapai yang siap, malam ini pun sudah boleh terbang,'' ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement