Selasa 11 Feb 2014 11:03 WIB

Pintu Bandara M1 Ditutup, Arus Kendaraan Menumpuk di Rawabokor

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Nidia Zuraya
Bandara Soekarno Hatta
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Penutupan pintu M1 Bandara Soekarno Hatta, membuat penumpukan kendaraan sejumlah titik lalu lintas di sekitaran Bandara. ''Memang setelah M1 di tutup, terjadi penumpukan arus seperti di Rawabokor,'' ujar Kapolres Metro Tangerang, Kombes Riyad, Selasa (11/2).

Pintu M1 ditutup karena akan dibangun stasiun jalur kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta. Rekayasa lalu lintas masih terus didiskusikan antara Polres Bandara, Metro Tangerang, Angkasa Pura 2 dan Pemkot Tangerang. Sementara, rekayasa tersebut masih menggunakan sistem buffer zone.

''Buffer zone, Perimeter utara dan selatan. Buffer zone itu kendaraan melaju melewati pinggir Bandara, pengalihan arus melewati pinggir Bandara utara dan selatan. Sekarang masih dilakukan pada jam terbatas pagi dan siang hari,'' kata Riyad.

Riyad mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait sebisa mungkin memasilitasi warga yang biasanya menggunakan pintu M1 sebagai jalur masuk Bandara yang menggantinya dengan alternatif lain.

''Di jalur Buffer zone tersebut, ada pintu di pinggir jalan menuju Bandara. Dari Tangerang ke Bandara jalur masuk lewat selatan, dari Bandara ke Tangerang lewat utara,'' kata dia.

Riyad mengaku, jalur yang telah disebutkannya merupakan rekayasa lalu lintas ketika pintu M1 Bandara Soekarno Hatta ditutup total. Ia juga berkordinasi dengan pihak Dishub Kota Tangerang untuk penempatan personel pengatur lalu lintas dititik penumpukan kendaraan. ''Karena masyarakat memang banyak yang belum tahu tentang itu,'' kata Riyad.

Jalur perimeter dari arah Tangerang menuju Soekarno Hatta, bisa melalui Jalan Perimeter Selatan Bandara yang rutenya ialah Jl Surya Darma-Jl Perimeter Selatan-Jl Husein Sastranegara-Jl P1 Bandara. Jalur dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Tangerang bisa melalui Jl P2 Bandara-Jl Perimeter Utara-Jl Surya Darma.

Pengendara yang ingin ke Tangerang dari Jakarta, melalui Tol Sedyatmo-exit tol Rawa Bokor-Jl Husein Sastranegara-Jl Halim Perdanakusuma-Jl Garuda-Jl Juanda-Jl Pembangunan III-Jl Surya Darma atau Jl Daan Mogot. Untuk sebaliknya bisa melalui Jl Surya Darma atau Jl Daan Mogot-Jl Pembangunan III-Jl Juanda-Jl Garuda-Jl Halim Perdanakusuma-Jl Husein Sastranegara-Jl Tol Sedyatmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement