Kamis 30 Jan 2014 19:08 WIB

Mobil Si Pitung Siap Unjuk Gigi di Manila

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
wiranto
Foto: antara photo
wiranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres dari Partai Hanura, Wiranto melepas keberangkatan tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk mengikuti lomba Shell Eco-Marathon (SEM) 2014 di Manila, Filipina, pada 6-9 Februari 2014 mendatang.

Tahun ini hanya tiga perguruan tinggi Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut. Ketiga PT tersebut adalah UNJ, UI, dan ITS. Sebagai alumnus UNJ, Wiranto merasa memiliki tanggung jawab untuk turut serta mewujudkan mimpi anak bangsa meraih cita-citanya sekaligus mengharumkan nama bangsa.

"Saya memberikan motivasi kepada mahasiswa agar terus berkarya dan berharap meraih juara," ujar Wiranto saat menemui tim mahasiswa Fakultas Teknik UNJ di gedung Pasca-Sarjana UNJ, Jakarta, Kamis (30/1).

Tim terdiri atas 13 mahasiswa dan seorang dosen pembimbing telah membuat mobil prototype yang diberi nama Si Pitung. Dalam lomba nanti mobil Si Pitung akan turun pada kategori mobil prototipe kelas bensin.

Mobil mereka dirancang berdasarkan konsep aerodinamika, bahan material ringan dan kuat, serta menggunakan teknologi yang dapat menghasilkan efisiensi mesin yang tinggi dan ramah lingkungan. Mobil Si Pitung dibangun dengan spesifikasi mobil ringan dan irit. Chasis-nya dari bahan alumunium, bodi dari fiber composite, mesinnya 100 Cc (4 stroke), dan berbahan bakar bensin.

Tujuan para mahasiswa merancang dan membangun mobil ini adalah memberikan alternatif bahan bakar dalam suatu teknologi baru kepada dunia industri otomotif. Mereka juga ingin memperkenalkan mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan kepada masyarakat luas.

"Saya berharap mahasiswa UNJ dapat menciptakan dan terus berkarya untu kedaulatan dan keberpihakan akan hemat energi," kata Wiranto berharap.

Menurut direktur program Pascasarjana UNJ, Prof Djaali, mobil rancangan mahasiswa UNJ ini dapat mencapai efisiensi bahan bakar setinggi mungkin. Mobil itu juga dapat menjadi acuan sekaligus bahan penelitian untuk perkembangan mobil berbahan bakar fosil dan energi alternatif di masa yang akan datang.

 

Eco-Marathon adalah kompetisi tahunan yang disponsori oleh Shell, di mana peserta membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar sebesar-besarnya. The Eco-Marathon diadakan keliling dunia dan pernah diadakan di Finlandia, Prancis, Jerman, Belanda, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, dan Malaysia. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai kategori peserta mulai dari amatir yang tertarik sampai tim perguruan tinggi dan perusahaan kendaraan bermotor dengan berbagai rancangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement