Senin 27 Jan 2014 19:48 WIB

Bus Eks TransJogja Akan Dijadikan Angkutan Pelajar

Rep: Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bus Transjogja
Bus Transjogja

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- 20 bus milik Pemkot Yogyakarta yang dipinjampakaikan ke Pemda DIY untuk TransJogja rencananya akan difungsikan sebagai angkutan khusus untuk pelajar atau bus sekolah.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam sidang paripurna dengan agenda Jawaban Walikota atas Pandangan Umum Fraksi mengenai RAPBD 2014, Senin (27/1). "Selain bus sekolah juga akan difungsikan untuk menunjang pariwisata Yogya," ujarnya.

Meski begitu kata dia, operasional 20 bus eks Trans Jogja tersebut menunggu keputusan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) selaku pihak yang memberikan armada tersebut. "Dulu kan nomenklatur pemberian bus itu sebagai penunjang transportasi umum massal. Sekarang kami usulkan supaya nomenklatur diubah agar bisa kami manfaatkan sebagai bus sekolah dan penunjang pariwisata," katanya.

Jika sudah ada jawaban dari Kemenhub, kata Haryadi, maka pihaknya langsung bergerak cepat menentukan jalur atau rute yang akan dilewati. Harapannya para pelajar di Kota Yogyakarta tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat dan pulang ke sekolah.

Terkait pemanfaatan untuk penunjang pariwisata, akan diperuntukkan sebagai kendaraan penjemput. Nantinya wisatawan yang masuk ke Yogyakarta cukup berhenti pada satu titik, kemudian diteruskan dengan armada milik Pemkot. Hal ini guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas saat jam kunjung wisatawan cukup tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement