Sabtu 18 Jan 2014 02:03 WIB

Sumsel Alokasikan Rp 500 Miliar untuk Muluskan Jalan 1.465 Km

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad
Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Lahat – Tebing Tinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 75 km yang sejak delapan tahun terakhir rusak parah dan harus ditempuh dalam waktu 3,5 – 4 jam, sejak Mei 2009 kembali mulus kini hanya butuh waktu
Foto: Maspril Aries/Republika
Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Lahat – Tebing Tinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 75 km yang sejak delapan tahun terakhir rusak parah dan harus ditempuh dalam waktu 3,5 – 4 jam, sejak Mei 2009 kembali mulus kini hanya butuh waktu

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perbaikan ruas jalan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2014 menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PU BM Sumsel Rizal Abdullah, Jumat (17/1) mengatakan, "Dinas PU Bina Marga membutuhkan dana sekitar Rp500 miliar untuk perbaikan jalan provinsi pada 2014. Dengan anggaran tersebut, jalan provinsi sepanjang 1.465 kilometer bisa kembali mulus."

Menurut Rizal, ada beberapa ruas yang menjadi prioritas untuk perbaikan jalan tahun ini diantaranya, Betung-Sungai Lilin, jalan di Kayu Agung, Kabupaten Ogan Ko mering Ilir (OKI).

"Pada ruas tersebut kita tengah melakukan survei secara berkala sesuai dengan kondisi yang ada," katanya.

 

Untuk perbaikan ruas jalan di Sumsel, Kepala Dinas PU BM Rizal Abdullah telah menginstruksikan seluruh pelaksana proyek pembangunan jalan untuk merampungkan semua kegiatan sebelum H-10 Idul Fitri pada Juli 2014 mendatang.

"Antisipasi harus kita lakukan karena sepanjang jalan yang menjadi prioritas tersebut lalu lintasnya dipastikan akan padat saat menjelang Idul Fitri. Jika melewati dari batas tersebut kita khawatirkan akan terjadi kemacetan," kata Rizal Abdullah yang juga menjabat Kepala Dinas PU Cipta Karya.

Menurut Rizal Abdullah, secara keseluruhan kondisi jalan di Sumsel 90 persen dalam kondisi baik. "Sisanya memang perlu perbaikan, ada beberapa titik yang memang menjadi prioritas perbaikan, yaitu Betung - Sungai Lilin dan Kayuagung," ujarnya.

Rizal juga menjelaskan, kerusakan jalan di Sumsel dipengaruhi tingginya volume kendaraan serta penambahan infrastruktur bangunan di sejumlah badan jalan.

Sementara itu menurut Sekretaris Dinas PU BM Sumsel Basyaruddin Achmad, pekerjaan rumah utama PU BM pada 2014 lebih fokus untuk memper tahankan kondisi jalan dengan meningkatkan kapasitas jalan dan pelebaran.

Khusus di dalam kota, peningkatan kapasitas dan pelebaran jalan akan dilakukan di jalan menuju pelabuhan Tanjung Api-api, jalan Kebun Sayur, pelebaran jalan Pangeran Ayin dan beberapa jalan lainnya.

"Kita juga tetap fokus untuk penyelesaian fly-over simpang Jakabaring dan under-pass Simpang Patal," katanya.

Salah satu pekerjaan pelebaran jalan akan dilakukan pada ruas Plaju–Kayuagung. Ruas jalan ini untuk memecah kemacetan yang terjadi pada ruas Palembang–Indralaya–Kayuagung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement