Kamis 09 Jan 2014 13:21 WIB

Hayono Sebut Pemimpin Tentukan Soliditas Pemerintahan Koalisi

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta konvensi capres Partai Demokrat, Hayono Isman mengatakan, pemerintahan yang solid tak melulu dibangun oleh satu partai. Pemerintahan yang terbangun dari koalisi beberapa partai juga bis menjalankan pemerintahan yang efektif.   

"Keliru jika pemerintahan koalisi merupakan pemerintah yang lunak yang gampang kompromistis dengan kepentingan sempit anggota koalisi. Ini tergantung bagaimana pemimpin mengelola demokrasi," katanya, Kamis (9/1).

Bila terpilih menjadi presiden dalam pilpres 2014, Hayono pun berjanji akan bekerja keras untuk membangun pemerintahan yang solid. Yaitu, pemerintahan yang tidak hanya mengabdi untuk rakyat. Namun juga untuk membimbing pemda dalam menjalankan kebijakan otonomi daerahnya.

Dia menjelaskan, untuk membentuk pemerintah yang solid juga diperlukan menteri yang memiliki empati pada nasib rakyat. Para menteri juga harus mempunyai kemampuan kepemimpinan yang berkualitas serta koordinasi yang baik antarkementerian.

Dia menyoroti demokrasi saat ini yang cenderung melemahkan pemerintahan. Hal ini terlihat dengan sering terjadinya perbedaan pendapat di antara anggota kabinet dalam pengambilan kebijakan.

"Misal dalam kasus impor, terkesan dilakukan tanpa perhitungan yang matang dan terjadi lepas koordinasi," kata anggota Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement