Selasa 31 Dec 2013 05:33 WIB

Nelayan tak Melaut, Ikan Kembung Harganya Rp 15 Ribu per Ekor

Tempat Pelelangan Ikan
Foto: Antara
Tempat Pelelangan Ikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Harga ikan di Jayapura sejak seminggu terakhir terus meningkat, sejak nelayan enggan melaut akibat cuaca yang tidak bersahabat. Harga ikan ekor kembung saja mencapai Rp 10 ribu - Rp 15 ribu per ekor.

Beberapa nelayan yang ditemui di tempat pelelangan ikan (TPI) Hamadi, Kota Jayapura mengakui, mereka enggan melaut karena cuaca yang tidak bersahabat dan gelombang cukup tinggi. "Kalaupun kami melaut hanya di pinggiran sekitar Kota Jayapura saja, sehingga ikan yang diperoleh tidak sebanyak bila memancing di daerah yang memang potensi ikannya lebih banyak," kata La Amir, nelayan setempat.

Diakuinya, ikan hasil tangkapan nelayan itu sebagian besar langsung diambil tengkulak yang akan menjual lagi ke masyarakat. Para tengkulak, kata La Amir, pasti sudah menaikkan harga jual ikan karena nelayan juga menaikkan harga ikan akibat jumlah tangkapan yang terbatas.

Sementara itu dari data yang dihimpun harga ikan seperti kembung berkisar Rp10.000-15.000/ekor, ikan ekor kuning berkisar Rp60.000-300.000/ekor tergantung ukuran ikan.

Harga udang Rp 130.000/kg, harga cumi-cumi beku Rp75.000/tumpuk, harga ikan cakalang Rp 50.000 hingga Rp 200.000/ekor.

Cuaca kota Jayapura sejak beberapa hari terakhir seringkali turun hujan dan gelombak ataui ombak cukup tinggi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement