Kamis 21 Nov 2013 20:04 WIB

Jokowi Berharap Belanda Bisa Atasi Banjir Jakarta

Rep: halimatus sadiyah/ Red: Taufik Rachman
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yasin Habibi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo sore tadi baru saja menemani Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengunjungi Waduk Pluit. Seperti diketahui, Waduk Pluit merupakan proyek percontohan Pemprov DKI untuk mengatasi banjir di Jakarta.

Menurut Jokowi, Rutte hanya ingin melihat-lihat kondisi Waduk Pluit. Namun, dia berharap Belanda juga bisa ikut membantu Pemprov untuk menyelesaikan masalah banjir. Sebab, negeri kincir angin tersebut memang dikenal ahli dalam hal manajemen air.

"Mereka punya pengalaman yang panjang soal banjir. Mungkin mereka bisa bantu kita mengenai water manajemennya seperti apa," kata Jokowi usai menemani Rutte melihat kondisi rumah pompa di Waduk Pluit, Kamis (21/11).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sarwo Handayani mengatakan, Belanda akan memberi bantuan teknikal asisten atau tenaga ahli kepada Jakarta untuk menyelesaikan masalah air.

Kerjasama ini, kata dia, berbeda dengan kesepakatan kerjasama antara Pemprov DKI dan Walikota Rotterdam mengenai tata kelola air pada 23 September lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement