Ahad 10 Nov 2013 16:31 WIB

Usai Siraman, Sultan Sepuh XIV dan Putra Mahkota Ziarah ke Astana Gunung Jati

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Heri Ruslan
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Foto: kasepuhan.com
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Putra mahkota Keraton Kasepuhan, PR Luqman Zulkaedin, telah menjalani prosesi siraman menjelang pernikahannya, Ahad (10/11).

Usai siraman, sang calon pengantin dan Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadingrat, berziarah ke Astana Gunung Jati, di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

 

Tempat itu merupakan kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati dan keturunannya. Salah satunya Sultan Sepuh XIII, PRA Maulana Pakuningrat.

 

Ziarah diawali dengan pembacaan tawasul dan doa di depan pintu pasujudan. Pintu tersebut merupakan pintu ketiga dari sembilan pintu menuju makam Sunan Gunung Jati yang berada di puncak bukit.

 

Selain berdoa di depan pintu pasujudan, Sultan dan putra mahkota juga nyekar di cungkup Sultan Sepuh Raja Sulaiman dan Sultan Sepuh PRA Maulana Pakuningrat. Setelah itu, rombongan kembali ke Keraton Kasepuhan.

 

PR Luqman Zulkaedin akan menikahi kekasih hatinya, Ratih Marlina. Acara akad nikah akan dilaksanakan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, yang tak jauh dari Keraton Kasepuhan, Senin (11/11). Sedangkan resepsi pernikahan, rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (16/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement