Ahad 10 Nov 2013 08:45 WIB

Sungkeman, Putra Mahkota Keraton Kasepuhan Gunakan Bahasa Cirebon

Rep: Lilis Handayani/ Red: Fernan Rahadi
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Foto: kasepuhan.com
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Putra mahkota Keraton Kasepuhan Cirebon, PR Luqman Zulkaedin, akan segera menikahi kekasihnya, Ratih Marlina. Untuk memohon doa restu sebelum menjalani proses pernikahan, calon pengantin pria akan melakukan sungkeman.

''Dalam sungkeman, calon pengantin pria memohon doa restu dengan memakai bahasa Cirebon,'' tutur Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, Ahad (10/11).

Sultan menjelaskan, acara sungkeman merupakan lambang permohonan doa restu dari calon pengantin untuk mengarungi bahtera kehidupan baru. Calon pengantin pun mengharap keridhoan kedua orang tua sebagai syarat dicapainya keridhoan Allah SWT yang Maha Kasih Sayang.

Dalam acara itu, PR Luqman melakukan sungkem kepada kedua orang tuanya, PRA Arief Natadiningrat dan RAS Isye Natadiningrat, serta Eyang R.A. Irawati Pakuningrat.

 

Selanjutnya, calon pengantin pria menuju tempat siraman. Dia akan menjalani proses siraman yang dilakukan oleh kedua orang tua beserta para pinisepuh.

Namun sebelum dilaksanakan siraman, akan didendangkan kidung siraman tawandari oleh Ki Dalang Askadi. Kidung-kidung yang dilantunkan berisi doa-doa keselamatan dari bala bencana dan wejangan bagi calon pengantin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement