Ahad 10 Nov 2013 06:23 WIB

Pagi Ini, Putra Mahkota Keraton Kasepuhan Jalani Siraman

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Heri Ruslan
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Foto: kasepuhan.com
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON -- Rangkaian prosesi pernikahan putra mahkota Keraton Kasepuhan Cirebon, PR Luqman Zulkaedin dengan Ratih Marlina, dimulai, Ahad (10/11). Sang calon mempelai pria akan menjalani acara siraman di halaman wetan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Rencananya, acara akan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. Acara diawali dengan tawassul, dzikir, pembacaan surat Yasin dan doa yang akan dipimpin oleh penghulu dan 30 kaum dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, menjelaskan, prosesi siraman merupakan tradisi memandikan calon pengantin dengan tata tradisi tertentu sebelum pelaksanaan akad nikah. Hal itu bertujuan untuk membersihkan jiwa dan raga calon pengantin sebelum melaksanakan akad nikah, yang menjadi pintu menuju hidup baru dengan pasangannya.

''Sesuai ajaran Islam, bahwa amal perbuatan harus didahului dengan membersihkan diri dari hadas, baik kecil maupun besar,'' ujar Sultan, dalam rilis yang dikirimkan kepada Republika, Sabtu (9/11) malam.

Adapun proses siraman, akan dilakukan kedua orang tua calon pengantin pria, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat dan Permaisuri, RAS Isye Natadiningrat. Selain itu, proses siraman juga akan dilakukan para pinisepuh keraton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement