Ahad 03 Nov 2013 08:11 WIB

Ribuan Peserta Seleksi CPNS Kemenkes Padati GBK

Tes CPNS, ilustrasi
Tes CPNS, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (3/11) pagi. Mereka akan mengikuti Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang yang juga dilakukan serentak secara nasional.

Informasi dari Pusat Komunikasi Sekretariat Jenderal Kemenkes, menyebutkan terdapat sekitar 12.575 peserta tes CPNS yang dijadwalkan mengikuti tes Ahad ini di Stadion Utama GBK.

Salah satu peserta tes CPNS Gati Reditya Saputra (26 tahun) mengaku ingin menjadi PNS di Kemenkes karena, salah satunya, tunjangan kesejahteraan yang menurut dia lebih baik dan mampu menjamin keberlangsungan hidup. "Salah satunya, karena tunjangan pensiun, yang membuat saya ingin mencoba tes di Kemenkes," ujar Gati yang juga mengikuti tes CPNS di Kementerian Keuangan.

Gati, yang berasal dari perguruan tinggi di Yogyakarta, mengatakan, sebagai lulusan dari bidang ilmu akutansi, dirinya ingin menempati posisi di pos Inspektorat Auditor.

Menyikapi seleksi pada Ahad, dia menghargai pemilihan lokasi tes yang berada di pusat kota seperti wilayah GBK, karena cukup memudahkan dia sebagai peserta yang datang dari luar kota. Gati mengaku tidak perlu untuk melakukan tinjauan terhadap lokasi tes sebelumnya, karena sudah yakin tidak akan mengalami kesulitan saat persiapan pelaksanaan tes pada Minggu tersebut.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Sekretariat Jenderal Kemenkes, pelaksanaan seleksi ujian tulis CPNS Kemenkes bagi pelamar umum secara serentak dilaksanakan di 36 lokasi pada 33 provinsi di Tanah Air. Sedangkan, untuk ujian tulis bagi tenaga honorer kategori II dilaksanakan di 33 lokasi di 31 provinsi.

Secara nasional, jumlah peserta tes CPNS Kemenkes mencapai 36.354 orang.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri atas tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum dan tes karakteristik pribadi. Sedangkan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dibagi untuk jabatan tenaga kesehatan, dosen dan tenaga non kesehatan. Pada Ahad ini, tes akan dimulai pada 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement