Rabu 23 Oct 2013 14:08 WIB

Pemkot Rancang Pembangunan Jalan Arteri Tangerang–Tol STA 11

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad
Pembangunan jalan tol Jakarta Outer ring road
Foto: Antara
Pembangunan jalan tol Jakarta Outer ring road

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang merencanakan pembangunan jalan arteri dari Jalan Husein Sastranegara Kota Tangerang menuju Jalan Tol STA 11.

Jalan tersebut sebagai jalur alernatif yang akan menghubungkan Kota Tangerang dan Jakarta Barat.

Kepala Bagian Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang, Herry C. Trunajaya mengemukakan pembangunan jalan terlaksana pada 2014.

"Jalurnya dari Tol STA 11 lalu ke Greean Lake City – Perumahan Poris Indah – Jalan Daan Mogot – Kali Songset – Jalan Husein Sastranegara," katanya kepada Republika, Rabu (23/10).

Jalan tersebut sebagai jalur alternatif yang melintasi antara Kota Tangerang dan Jakarta Barat.

Menurut dia, jalan tersebut nantinya akan seperti Jalan Hasyim Ashari menuju Jalan Benteng Betawi dan Royal Poris yang langsung terhubung.

Adapun panjang jalan tersebut diperkirakan sekitar lima kilo meter. Selanjutnya, jalan tersubut nantinya ssebagai penguhubung dua perumahan yakni Perumahan Green Lake City dan Poris Indah. Pembangunan jalan tersebut merupakan proyek Pemkot Tangerang.

Dia menambahkan sebelumnya pada 2008 pada jalur tersebut sudah ada pembebasan lahan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Ada lahan yang merupakan tanah tenagara katanya. Adapun lahan yang dibebaskan tersebut sekitar 300 meter. Hanya saja pembebasan lahan terhenti disitu dan tidak dilanjutkan Pemprov Banten.

Oleh sebab itu, rencananya pemkot akan melakukan koordinasi kembali sehingga diharapkan pada 2014 bisa dilakukan pengerjaan fisik jalan. "Harapannya bisa secepatnya, semoga 2014 bisa digarap fisiknya. Tapi untuk anggaran belum jelas," ungkapnya.

Herry menambahkan pemkot akan berupaya untuk menganggarkan pembangunan proyek jalan tersebut. Hal itu dikarenakan proyek tersebut dinilai penting sebab sebagai alternatif yang menguhubungkan sejumlah jalan dari Tangerang maupun Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement