Selasa 10 Sep 2013 22:18 WIB

Mutasi dan Promosi, Tujuh Polda Punya Komandan Baru

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Djibril Muhammad
Mabes Polri
Mabes Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mabes Polri melakukan mutasi di sektor kepolisian daerah (Polda). Melalui ( ST/1772/IX/2013 –Mutasi Pamen dan Pati) Polri mengubah susunan kepemimpinan di tujuh Polda.

 

Dari tujuh pergantian Kapolda, dua mutasi mendapatkan perhatian lebih. Yakni diangkatnya Irjen Arif Wachyudi sebagai Asisten Operasional (Asops) Kapolri.

Dia yang merupakan Kapolda Bali dipercaya untuk mengisi jabatan yang sudah sebulan lebih kosong semenjak ditinggalkan Komjen Badrudin Haiti itu. Badrudin sendiri sudah naik menjadi Kabaharkam Polri sejak Juli lalu.

 

Mutasi lainnya yang menjadi sorotan adalah digantinya Kapolda Bengkulu Brigjen Budi Waseso. Dia ditarik ke dalam untuk segera bertugas menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol.

Budi, dikenal sebagai sosok yang tengah gencar memerangi korupsi di tubuh pemerintahan provinsi Gorontalo. Kepindahannya cukup disayangkan mengingat kegigihannya.

 

Namun demikian, Mabes Polri menegaskan langkah pemutasian ini murni sebagai bentuk penyegaran. Bahkan, khusus untuk Brigjen Budi, pergantiannya dilakukan karena melihat prestasi yang ditorehkannya.

 

"Wanjakti (Dewan Kepangkatan Tinngi) mengapresiasi sehingga diberikan reward prestasi. Tentu selama ini sudah ada penilaiannya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Ronny F Sompie di Jakarta, Selasa (10/9).

 

Ronny mengatakan, seluruh pemutasian ini juga dilakukan untuk memberikan peluang kepada perwira lainnya agar bisa memimpin suatu derah. "Juga sekaligus kenaikan pangkat dan golongan juga kan ya," kata dia.

 

Sementara itu, selain kedua perwira itu, ada lima lainnya yang ikut dimutasi. Mereka antara lain Brigjen Albertus Julius Benny Mokalu, menempati posisi baru sebagai Kapolda Bali menggantikan Irjen Arif. Brigjen Albertus sebelumnya menjabat Kapolda Bengkulu sejak 2012.

 

Lalu, Brigjen Tatang Somantri dimutasikan menjadi Kapolda Bengkulu, setelah sebelumnya menjabat sebagai Karobinopsnal Baharkam Polri. Kemudian, Brigjen Eddy Sumantri dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri. Sebelumnya Eddy adalah Kapolda Banten.

 

Posisi dia akan diisi Brigjen Muhammad Zulkarnaen yang sebelumnya duduk di posisi Karokurlum Lemdikpol. Terakhir, Karo RBP Srena Polri Brigjen Andjaja akan naik menggantikan posisi Brigjen Budi sebagai Kapolda Gorontalo. Untuk hari pelantikan Polri belum menetapkan kapan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement