Selasa 03 Sep 2013 15:10 WIB

BLSM Tahap II Diluncurkan

Rep: Fenny Melisa/ Red: A.Syalaby Ichsan
Agung Laksono
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Agung Laksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap II diluncurkan Selasa (3/9). Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono secara simbolis membagikan BLSM  kepada sejumlah masyarakat di Kantor Pos Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Agung yang didampingi Direktur PT Pos Indonesia Budi Setiawan menyerahkan bantuan tersebut untuk warga di 7 kelurahan yakni Tebet Barat, Tebet Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Manggarai, Manggarai Selatan dan Menteng Dalam. 

Kurang  lebih ada sekitar 700 orang yang berhak mendapat BLSM untuk wilayah Kecamatan Tebet. Dengan  menunjukkan kartu BLSM dan KTP , masyarakat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu. 

“Masyarakat dapat mulai mencairkan BLSM-nya, Selasa dan Rabu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Saya berharap tahap kedua ini insya Allah akan lebih baik. Kurang dari sebulan BLSM sudah bisa dicairkan," ujar Agung.

Lebih lanjut, Agung mengatakan, pemegang kartu KPS (Kartu Perlindungan Sosial), yang memiliki anak bisa mengurus bea siswa langsung ke sekolah. Besarannya SD Rp 550 ribu plus Rp 200 ribu, SMP Rp 750 ribu plus Rp 200 ribu, dan SMA/SMK/sederajat Rp 1 juta plus Rp 200 ribu.

Ia juga menyatakan, penyaluran BLSM sangat efektif karena  99,99 persen telah tersalurkan. 

“Tahap pertama yang dicairkan 93 persen dan ada 2.685 pemegang kartu mengembalikan karena ada yang pindah, meninggal atau sudah menyatakan diri tidak miskin," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement