Senin 02 Sep 2013 21:37 WIB

Kominfo Percepat Distribusi Mobil Internet Kecamatan

Mobil Internet Kecamatan
Mobil Internet Kecamatan

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya menuntaskan pendistribusian Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan ke seluruh daerah terpencil di Indonesia.

"Akan mempercepat distribusi Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) ke pelosok daerah terpencil Indonesia demi meningkatkan penduduk yang melek internet," kata Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Simbiring, di Padang, Senin.

Menurut dia, mobil Internet dilengkapi dengan jaringan internet berdaya jelajah cepat akan memudahkan masyarakat ditingkat kecamatan untuk mengakses internet secara mudah

"Kebutuhan masyarakat akan sajian informasi dirasa begitu penting, dan internet merupakan media untuk mendapatkan informasi dengan kecepatan yang sangat baik," katanya.

MPLIK bisa leluasa menjelajah daerah-daerah yang tergolong terpencil. Kehadiran MPLIK ini bisa menjadi solusi atas masalah kesenjangan digital yang saat ini masih dikuasai kota-kota besar di Jawa.

"Pendistribusian MPLIK bisa meningkatkan kapasitas masyarakat di daerah-daerah yang selama ini belum terlalu leluasa mengakses internet," kata Tifatul Sembiring menjelaskan.

Dia mengatakan, program ini merupakan bagian program Kemenkominfo dimana seluruh desa di Indonesia harus sudah terhubung dengan jaringan internet. Tiap unit MPLIK melayani tiga kecamatan terpencil.

"Program ini juga menunjukkan tingkat kepedulian pemerintah melalui Kementrian komunikasi dan informatika terhadap masyarakat yang masih terkendala akses komunikasi internet," katanya.

Menurut dia, berdasarkan data saat ini sudah ribuan MPLIK terdistribusikan ke seluruh pelosok yang belum terjangkau jaringan internet.

"Setiap satu unit MPLIK dilengkapi lima unit komputer (PC), baik desktop maupun laptop. Akses internet menggunakan koneksi via Very Small Aperture Terminal (VSAT), yang berfungsi menerima dan mengirimkan data ke satelit," katanya.

Pendistribusian MPLIK ke seluruh kecamatan di Indonesia, ia berharap hingga akhir tahun 2014, pengguna internet di Indonesia bisa tembus 80 juta.

"Pengguna internet sekarang 50 juta di seluruh Indonesia. Kita harapkan di 2014 meningkat sampai 80 juta, di antaranya MPLIK ini sebagai upaya sosialisasi kita terhadap masyarakat terhadap pentingnya informasi terkini. Karena informasi itu mencerdaskan," jelas Tifatul Sembiring.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement