Jumat 30 Aug 2013 07:10 WIB

SMSC: Khofifah Alami Kenaikan Pendukung

Rep: C74/Andi Ikhbal/ Red: Heri Ruslan
Khofifah Indar Parawansa
Foto: Antara/ Saiful Bahri
Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, NSURABAYA -- Hasil survey yang dilakukan Saiful Mujani Sesearch and Consulting (SMSC) menunjukan, pasangan Khofifah-Herman mengalami kenaikan dukungan yang signifikan. Dalam waktu singkat, elektabilitas keduanya mencapai 17 persen di banding survey sebelumnya.

Peneliti SMSC, Deni Irfani mengatakan, survey sebelumnya dilakukan pada Juli lalu, pasangan Soekarwo - Saifullah Yusuf unggul dengan tingkat kepemilihan 59,7 persen. Sedangkan Khofifah-Herman hanya 15,6 persen.

"Survey Agustus mulai meningkat hingga 20 persen, dan terus naik sampai quick count hari ini 37,8 persen," kata Deni di Surabaya Plaza Hotel, Kamis (29/8).

Menurutnya, saat Khofifah mengalami kenaikan, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf justru menurun. Dia menyebutkan, pada Agustus, incumbent masih memperoleh 54,8 persen, dan terakhir di perhitungan cepat, justru merosot hingga 47 persen.

Meski terus naik, kata Deni, Khofifah-Herman tetap tidak mampu menyaingi pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Sebab, sebagian besar responden yakni 67 persen menyatakan puas dengan kinerja keduanya semasa menjabat.

"Kurang puas hanya 18 persen dan satu persen kurang puas sama sekali," ujarnya.

Beberapa yang menarik dari survey itu di antaranya, pemilih dengan tingkat pendidikan rendah 55 persen, cenderung mendukung Soekarwo-Saifullah Yusuf. Sedangkan 41 persen lulusan sarjana memilih Khofifah-Herman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement