Senin 26 Aug 2013 20:42 WIB

Saksi: Kawal Proyek Kementan, Fathanah Terima Rp 500 Juta

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ahmad Fathanah
Foto: Republika/Prayogi
Ahmad Fathanah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Terdakwa kasus dugaan korupsi permohonan penambahan kuota impor daging sapi, Ahmad Fathanah, pernah mendapat fee Rp 500 juta terkait proyek di Kementerian Pertanian (Kementan). Keterangan itu muncul dari karyawan PT Radina Bioadicipta, Denni Pramudia Adiningrat, saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (26/8).

Denni mengaku berkenalan dengan Fathanah ketika perusahaannya mengikuti lelang proyek benih kopi di Kementan tahun lalu. Menurut dia, Fathanah mengaku mempunyai banyak koneksi dengan pejabat di Kementan.

Ia pun menjadikan Fathanah sebagai mitra. "Membantu lah. Berhubungan dengan beberapa pejabat," kata dia.

Menurut Denni, pelelangan proyek benih kopi berlangsung ketat. Bahkan prosesnya harus diulang sampai tiga kali. Hanya saja, pada akhirnya perusahaan Denni memenangkan pekerjaan tersebut. Denni pun memberikan komisi kepada Fathanah. "Ia betul. Itu Rp 200 juta. Kalau tidak salah Juni (2012)," ujar dia.

Bukan kali itu saja Denni memberikan fee kepada Fathanah terkait proyek di Kementan. Ia juga mengatakan bekerja sama dengan Fathanah dalam proyek benih jagung. Sehingga perusahaan Denni juga memenangkan proyek tersebut. "Kita sama-sama berhasil. Di dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan), saya bilang Rp 300 jutaan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement