Ahad 18 Aug 2013 08:42 WIB

Ribuan Petugas Kebersihan 'Kepung' Balai Kota Surabaya

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Didi Purwadi
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (tengah), mengangkat penghargaan Adipura bersama sejumlah warga setibanya di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (tengah), mengangkat penghargaan Adipura bersama sejumlah warga setibanya di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ribuan petugas kebersihan yang tergabung sebagai 'Cak Koen' mengepung Taman Surya, halaman Gedung Balai Kota Surabaya, Ahad (18/8). Namun keberadaan mereka bukan untuk berunjuk rasa, melainkan menghadiri pesta yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya.

Pesta Cak Koen ini merupakan wujud penghargaan pada mereka yang berkontribusi terhadap keindahan serta kebersihan kota. Bukan hanya pasukan kebersihan, berbagai personel pekerja seperti petugas dekorasi, penerang jalan umum (PJU), kelistrikan, pertamanan, satgas banjir, dan saluran drainase turut memadati area tersebut.

Ribuan orang tersebut terpantau mengenakan seragam merah dan topi kuning yang biasa dipakai bekerja. Namun, untuk pagi ini, mereka dibebastugaskan. Dalam kegiatan itu, mereka mendapat sarapan gratis, menikmati hiburan musik, dan berpeluang meraih doorprize.

Seorang petugas kebersihan di kawasan Gubeng, Sumaidi (48), menyatakan senang dengan upaya Pemerintah Kota Surabaya memberikan apresiasi pada mereka. Bahkan, dalam kesempatan ini, wali kota Tri Rismaharini secara langsung menyampaikan terimakasihnya pada pasukan kuning.

 

"Kami merasa dihargai karena mereka tidak melupakan jasa kami," kata Sumaidi pada Republika Online.

Risma mengatakan, berkat para petugas lapangan inilah Surabaya dapat meraih berbagai pencapaian, di antaranya penghargaan Adipura Kencana. Namun, dia mengingatkan, saat melaksanakan tugas, mereka harus disiplin dan tepat waktu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement