Rabu 31 Jul 2013 17:01 WIB

Sumsel Jadi Tuan Rumah Pesta Olahraga Negara Islam

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hazliansyah
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: energitoday.com
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi menunjuk Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pesta Olahraga Negara-Negara Islam atau Islamic Solidarity Games (ISG) III Tahun 2013 pada Oktober ini, menggantikan Provinsi Riau.

Penunjukan Sumsel sebagai tuan rumah ISG III itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2012 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Islamic Solidarity Games III Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden SBY pada 29 Juli 2013.

Semula, sesuai Keppres No. 15/2012, ISG III/2013, ISG III akan diselenggarakan di Provinsi Riau pada Juni tahun ini. Namun, karena dianggap belum sepenuhnya siap, pemerintah akhirnya memutuskan untuk memindahkan penyelanggaran ISG dari Riau ke Sumsel.

Melalui Keppres No. 23/2013 itu juga, Presiden SBY juga menunjuk Gubernur Provinsi Sumsel, Alex Noerdin untuk menggantikan posisi Gubernur Riau sebagai Penanggung Jawab Teknis Pelaksanaan Panitia Nasional Penyelenggara Islamic Solidarity Games III Tahun 2013, Indonesia Islamic Solidarity Games Organizing Committee (INAISGOC).

Sedangkan sebagai penanggung jawab tetap dipercayakan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). "Dalam melaksanakan tugasnya, Panitia Nasional INAISGOC bertanggung jawab kepada Presiden," bunyi Pasal 2 Ayat (2) Keppres tersebut.

Terkait dengan perubahan itu juga, Pasal 7 Keppres ini menegaskan segala pembiayaan yang diperlukan untuk persiapan penyelenggaraan Islamic Solidarity Games III Tahun 2013 dibebankan pada APBD Sumsel 2013 serta sumber-sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement