Kamis 28 Mar 2024 08:11 WIB

SBY Minta Prabowo Ubah Sistem Pemilu karena Politik Uang Merajalela

Demokrat menyebut maraknya politik uang membuat perolehan kursi mereka berkurang.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiahi lukisannya kepada capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dalam acara buka puasa bersama Partai Demokrat di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024) malam.
Foto: Dok TKN
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiahi lukisannya kepada capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dalam acara buka puasa bersama Partai Demokrat di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menitipkan harapan kepada capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto saat untuk memperbaiki sistem pemilu Indonesia. Permintaan itu bertolak dari persoalan tingginya biaya politik dan semakin merajalelanya politik uang dalam Pemilu 2024.

"Pemilu kita ternyata ongkos politiknya makin besar, melampaui batas kewajaran. Demikian juga politik uang makin menjadi-jadi. Ini mesti diselamatkan," kata SBY dalam acara buka puasa Partai Demokrat bersama Prabowo di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024). 

Baca Juga

Presiden RI ke-6 itu mengaku, dua permasalahan tersebut mengganggu pikirannya. Kendati begitu, dia mengajak semua pihak untuk tidak menyalahkan rakyat yang suaranya dibeli atau penerima politik uang.

"Kita tidak boleh menyalahkan rakyat, tetapi ada sesuatu yang perlu diperbaiki, perlu diubah dan tentunya disempurnakan agar pemilu 5 tahun mendatang dan seterusnya menjadi pemilu yang baik," ujarnya.

Menurutnya, dua permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara mengubah sistem pemilu Indonesia. Karena itu, SBY meminta Prabowo ketika sudah menjadi presiden untuk mengubah sistem pemilu Indonesia. 

"Pemilu adalah masa depan kita, masa depan Indonesia. Kami menitipkan kepada Bapak Prabowo. Ini misi sejarah dan saya percaya Bapak akan bisa melakukan perubahan dan perbaikan atas sistem pemilu yang lebih tepat dan lebih baik bagi bangsa Indonesia," kata SBY. "In you, Bapak Prabowo, we trust," ujar SBY menambahkan.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam kesempatan sama menyebut, maraknya politik uang merupakan penyebab anjloknya raihan kursi DPR yang didapatkan partainya. Demokrat diprediksi mendapatkan 44 kursi DPR dalam Pemilu 2024, berkurang 10 kursi dibanding pemilu sebelumnya.

"Salah satu faktor utama yang paling signifikan menjadi penyebab hilangnya kursi kami adalah maraknya vote buying atau politik uang di luar nalar kita semua," ujarnya.

AHY mengaku sudah menyampaikan langsung hal tersebut kepada Prabowo. Ternyata, kata AHY, Prabowo juga punya perhatian serius terhadap masalah politik uang dan ingin mengatasinya dengan cara memperbaiki sistem pemilu Indonesia.

"Saya begitu lega ketika mendengar respons dari Pak Prabowo bahwa Bapak juga memiliki concern yang sama. Bahkan, Pak Prabowo bertekad untuk secara serius melakukan perbaikan sistem pemilu kita ke depan," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang itu. 

Sementara itu, Prabowo dalam pidatonya di acara yang sama tak menyinggung soal perbaikan ataupun perubahan sistem politik. Dia lebih banyak berbicara soal keinginannya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Prabowo menyebut, Indonesia diprediksi bakal menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia. Menurutnya, hal itu bisa terwujud karena Indonesia punya kekayaan yang luar biasa.

"Kuncinya adalah tekat untuk menghentikan korupsi, untuk mengurangi kebocoran dan ketidakefisienan. Kita harus lebih efisien dan cara-caranya ada, teknologinya ada," kata Prabowo, sosok yang hampir pasti dilantik sebagai presiden RI ke-8 pada Oktober 2024 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement