Selasa 30 Jul 2013 19:00 WIB

Cegah Uang Palsu, BI Lakukan Jemput Bola Penukaran Uang Receh

  Sekelompok warga menawarkan jasa penukaran uang kepada pengendara di tepi jalan (ilustrasi).
Foto: Antara/Herry Murdy Hermawan
Sekelompok warga menawarkan jasa penukaran uang kepada pengendara di tepi jalan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Bank Indonesia (BI) Cabang Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melakukan jemput bola dalam upaya melayani masyarakat yang ingin menukarkan uang receh,  mengingat penukaran uang tersebut meningkat drastis menjelang hari raya Idul Fitri.

Penukaran uang receh BI tanpa dipungut biaya tersebut, pada Senin (29/7) berlangsung di halaman kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Jalan RE Martadinata kota setempat.

Muhidin menyambut baik kegiatan ini karena menurutnya memudahkan masyarakat untuk bertukar uang, karena uang receh sangat diperlukan masyarakat Muslim menjelang lebaran untuk kegiatan amal zakat, infaq, dan sedekah. Bahkan di kesempatan itu Wali Kota memanfaatkan fasilitas BI itu dengan menukarkan uang receh nominal Rp 20 ribuan.

Wali kota juga mengimbau kepada masyarakat agar menukarkan uang hanya pada bank atau BI menggunakan mobil keliling yang sudah disiapkan oleh BI agar tidak ada permasalahan di lain hari.

Seorang petugas perwakilan BI Banjarmasin, menyampaikan bahwa penukaran dapat dilakukan di seluruh bank yang ada di Kota Banjarmasin dan tidak terpusat hanya di BI saja. Uang receh yang banyak ditukarkan masyarakat tersebut dari nominal paling kecil Rp 1000,- hingga Rp 20.000,-

Salah satu karyawan di Pemkot Banjarmasin menyatakan merasa terbantu dengan adanya BI keliling karena tidak perlu repot untuk menukarkan uang dan tidak perlu khawatir tertipu uang palsu di tambah lagi penukaran uang ini gratis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement