Ahad 21 Jul 2013 06:12 WIB

Mensos Siapkan Bantuan Usaha untuk PMKS di Tanah Abang

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Djibril Muhammad
Mensos, Salim Segaf Al Jufri
Mensos, Salim Segaf Al Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH ABANG -- Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri melakukan inspeksi mendadak terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Jl Sabeni, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang. Gubuk bagi gelandangan pengemis dan pengamen banyak yang tinggal di daerah tersebut.

Salim mengatakan Tanah Abang memiliki permasalahan yang kompleks. Menurutnya di wilayah tersebut dapat ditemui anak terlantar, anak jalanan, lanjut usia, serta kawasan kumuh.

"Kita perlu mencarikan solusi untuk permasalahan yang dihadapi warga di Tanah Abang yaitu kemiskinan dan ketelantaran," ujarnya di Rumah Singgah Yayasan Anak Teladan, Sabtu (20/7).

Pihaknya saat ini sedang mencermati kondisi lapangan dengan menganalisis kebutuhan langsung mereka. Sehingga menurut Salim, Kemensos dapat memetakan dan mencarai strategi pemberdayaan model yang tepat sasaran.

Salah satu strategi yang telah diterapkan Mensos bagi PMKS adalah dengan paket bantuan Usaha Ekonomis Produktif (UEP) untuk mendukung kemandirian mereka.

Dalam sidak tersebut Mensos juga mengunjungi gubuk berukuran 3x3 meter persegi tempat tinggal Triningsih (40 tahun) dan suaminya Sumani sebagai pembina Rumah Singgah Yayasan Anak Teladan di Rt 02 Rw 15.

Dia juga mengunjungi salah seorang pedagang asongan Iwan (50 tahun) yang saat ini tengah menyandang disabilitas akibat tertabrak kereta sehingga salah satu lengannya putus.

Iwan tinggal di RT 17 RW 14 dengan lokasi yang sama dengan Triningsih. Dia juga menyempatkan untuk memberikan paket sumbangan bagi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement