Kamis 18 Jul 2013 21:10 WIB

BNPB Serahkan Bantuan untuk Banjir Sultra Rp 2 Miliar

Rep: andi nur aminah/ Red: Djibril Muhammad
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Foto: antara
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengalokasikan bantuan untuk penanganan bencana banjir di Sulawesi Tenggara (Sultra)  senilai Rp 2 miliar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat dikonfirmasi mengatakan, penanganan bencana di Kendari dan sekitarnya sudah ditangani.

Menurut Sutopo, BNPB telah mengirim bantuan ke BPBD Propinsi Sultra melalui ekspedisi udara. Bantuan tersebut berupa tambahan lauk pauk, 3.600 paket, sandang 120 paket, kidsware 120 paket, family kit 120 paket, peralatan dapur 500 paket, selimut 500 paket, dan tikar 500 lembar.

Selain itu juga dikirim perahu karet berkapasitas delapan orang sebanyak dua unit, mesin kapal 40 PK sebanyak dua unit dan tenda pengungsian limas et.

"Saya sudah menelepon BPBD propinsi agar segera mendistribusikan bantuan tersebut ke Konawe dan kabupaten lain yang juga terkena banjir," ujar Sutopo, Kamis (18/7).

Sutopo mengatakan, BNPB juga telah menyerahkan dana siap pakai sebesar Rp 700 juta. Aggaran siap pakai itu, menurut dia, dialokasikan untuk biaya operasional BPBD masing-masing Rp 100 juta untuk Propinsi Sultra, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara,  Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Kolaka.

Sedangkan untuk Kota Kendari yang mengalami bencana banjir terparah, dialokasikan anggaran Rp 200 juta.

Menurut Sutopo, anggaran untuk BPBD tersebut hanya untuk operasional tanggap darurat saja. "Karena pemda tidak punya dana siap pakai," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement