Rabu 17 Jul 2013 11:30 WIB

Perbaikan Jalan Pantura Jawa Rampung H-15 Lebaran

Perbaikan jalan Pantura di kilometer 193,600 di Pejagan, kecamatan Tanjung, Brebes, Selasa (16/7).
Foto: Republika/Ajeng Ritzki Pitakasari
Perbaikan jalan Pantura di kilometer 193,600 di Pejagan, kecamatan Tanjung, Brebes, Selasa (16/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ajeng Ritzki Pitakasari

CIREBON -- Perbaikan ruas jalan pantai utara (pantura) Pulau Jawa dipastikan selesai pada H-15 lebaran dan bisa difungsikan bagi pemudik. Keterangan itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto.

“Pada 23-25 Juli jalur pantura sudah fungsional, bisa digunakan dan tidak mengganggu perjalanan,” kata Djoko Kirmanto saat berada di Bandara Penggung, Kota Cirebon, Selasa (16/7).

Djoko mengungkapkan perbaikan jalan di jalur pantura sebenarnya dilakukan setiap saat dan dimulai sejak Januari. Sejumlah perbaikan jalan di titik tertentu, seperti ruas jalan di Desa Pejagan, Kecamatan Tanjung, Brebes, baru akan selesai Desember mendatang, namun pekerjaan dihentikan sementara menjelang lebaran. “Saat itu tidak boleh ada kegiatan apa pun, agar tidak mengganggu pemudik,” katanya.

Djoko mengakui jika kondisi di jalur pantura saat ini belum sepenuhnya mulus. Setidaknya dari pantuan yang dilakukan bersama tim menggunakan helikopter, masih ada jalan berlubang di kawasan Ciasem di Kabupaten Subang dan Eretan di Kabupaten Indramayu.

Ada kawasan yang saat ini masih melakukan pekerjaan besar. Selain Pejagan--untuk rute Cirebon ke arah Timur--,  Pati dan Rembang--masuk wilayah Semarang ke Timur-- juga mengalami perbaikan. Hanya saja Menteri PU menjamin perbaikan akan selesai dalam beberapa hari.

Djoko juga meyakinkan jika pantura siap digunakan untuk lebaran mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement