Senin 24 Jun 2013 16:54 WIB

Jero Wacik: Singapura Mestinya Ikut Pikirkan Solusi

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik

REPUBLIKA.CO.ID,  DENPASAR - Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengeritik sikap pejabat Singapura yang menyebarkan masalah asap kebakaran hutan di Sumatra ke dunia internasional. Kebakaran hutan itu sebut Wacik, bukan sesuatu yang diinginkan oleh pemerintah Indonesia.

"Mestinya Singapura bijak menyikapi masalah kabut asap itu dan ikut memikirkan solusinya," kata Jero Wacik di Nusa Dua, Bali, Senin (24/6). Ia menyampaikan hal itu saat membuka pertemuan pejabat senior ASEAN di bidang energi.

Sebagai negara sahabat Wacik mengingatkan, mestinya pemerintah Singapura langsung membicarakannya dengan pemerintah Indonesia. Sebaliknya, pernyataan yang dapat mencoreng nama baik negara bertetangga agar dihindari.

Dalam hal asap sebut Wacik, pemerintah Indonesia sudah mengambil langkah-langkah, termasuk mencari pelaku penyebab terjadinya kebakaran hutan itu. Bahkan diduga ada sejumlah perusahaan dari luar, termasuk dari Singapura yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Wacik mengatakan, dia sengaja mengemukakan hal itu dalam forum tersebut, supaya pejabat senior dari negara bersangkutan juga ikut menyampaikan kepada pemangku kebijakan. "Pemerintah Indonesia akan menindak pelaku penyebab kebakaran dengan hukuman yang tegas," kata Wacik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement