Senin 24 Jun 2013 11:08 WIB

Cristiano Ronaldo Jadi Duta Mangrove karena Diminta Tomy Winata

Cristiano Ronaldo
Foto: Reuters/Juan Medina
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan kampanye penyelamatan bakau bersama dengan pesebak bola internasional Cristiano Ronaldo. Mereka akan menghadiri pencanangan kampanye selamatkan bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali pada 26 Juni mendatang.  

Upaya melibatkan pesepak bola asal Real Madrid itu menjadi duta mangrove tak lepas dari peran pengusaha nasional pemilik Artha Graha Group, Tomy Winata. Sebelumnya, pada 11 Maret 2013, Artha Graha Peduli mengumumkan Ronaldo bersepakat untuk memperjuangkan konservasi mangrove di Indonesia.

Artha Graha Peduli menobatkan Ronaldo sebagai Duta Mangrove Untuk Bali. Ini kemudian dilakukan melalui Forum Peduli Mangrove. Gerakan ini mencoba mendorong pelestarian mangrove di Bali yang didukung oleh lima pembaga pemberdayaan masyarakat yang berada di selatan Tanjung Benoa, Bali.

Penunjukan Ronaldo sebagai Duta Mangrove Bali dalam Forum Peduli Mangrove dilakukan dalam pertemuan di Madrid, Spanyol, Jumat 8 Maret 2013. Yaitu, saat pemain bola asal Portugal itu bertemu Tomy Winata yang sedang berada di Eropa guna menghadiri Konferensi ke-56 Komisi PBB Anti-Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (UNOCD). Kebetulan, mereka juga memiliki kebijakan utama mengadakan kerja sama bagi pelestarian satwa liar dan pecegahan kerusakan hutan.

Tomy Winata menyatakan senang Ronaldo setuju mendukung penuh kegiatan pelestraian hutan mangrove di Indonesia. Ia menilai Ronaldo adalah Duta Penyelamatan Mangrove yang cocok. Mengingat dia memiliki daya tarik dan panutan. "Kami mengharapkan pesan save mangrove, save earth dapat menjangkau segala lapisan masyarakat, baik muda mau pun tua, kaya mau pun miskin." Katanya.

Kemenhut memperkirakan, Indonesia memiliki lebih dari sembilan juta hektare hutan mangrove. Tetapi sekitar 70 persennya telah hilang dan berubah menjadi kawasan pertanian, perkebunan kelapa sawit. Serta pengembangan desa dan perkotaan.

Ronaldo mengaku merasa istimewa dapat berperan dalam melestarikan mangrove di Indonesia. "Saya pernah datang ke Aceh setelah tragedi tsunami, dan kehancuran yang saya lihat, menyisakan kenangan yang dalam pada diri saya," kata Ronaldo. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement