Senin 03 Jun 2013 13:09 WIB

Ratusan Transmigran Asal Jawa Siap Pindah ke Kalimantan

Rep: Andi Ikhbal/ Red: A.Syalaby Ichsan
Daerah transmigrasi, ilustrasi
Foto: Darmawan/Republika
Daerah transmigrasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Muhaimin Iskandar melepas keberangkatan 160 KK transmigran asal Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (3/5).

Mereka rencanannya akan dipindahkan ke daerah Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah.Muhaimin mengatakan, mengambil keputusan bertransmigrasi merupakan pilihan yang dilematis. Sebab, harus rela meninggalkan kampung halaman dan sanak saudara demi peningkatan taraf hidup yang lebih baik.

"Mereka diharapkan bisa cepat menyesuaikan diri dan berkembang di lingkungan baru," kata Muhaimin. Berdasarkan data yang dihimpun Republika, 160 KK tersebut berjumlah 496 jiwa.

Seratus KK  akan berpindah ke Tanjung Buka, Bulungan, Kaltim. Lanjutnya, 50 KK di Simanggaris, Nunukan, Kaltim dan 10 KK di Watutau, Poso, Sulteng.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Hari Soegiri mengatakan, di antara 160 KK, ada 100 yang tergolong mengikuti program khusus Pemprov Jatim dan Kaltim. Mereka akan ditempatkan di area industri dan mendapat falititas jamban dan air bersih.

"Target tahun ini, 1.000 KK akan kami berangkatkan ke daerah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement