Ahad 02 Jun 2013 15:43 WIB

'Tiga Jalur' Ini Harus Diperhatikan Polisi Untuk Ungkap Penembakan Tito

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: A.Syalaby Ichsan
Bambang Widodo Umar
Bambang Widodo Umar

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI --Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar mengatakan, aparat kepolisian harus memerhatikan tiga jalur pengungkapan dalang pembunuhan Tito Kei, adik kandung tokoh pemuda John Kei.

''Polisi harus teliti tiga jalur,'' katanya ketika dihubungi Republika, Ahad (2/6). Tiga jalur tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Pertama, ujarnya,  kemungkinan adanya sebab musabab dari permasalahan antar geng yang serius. Jika pelakunya adalah salah satu anggota geng, kemungkinan akarnya adalah permasalahan antar geng.

Polisi setidaknya bisa menyelidiki hubungannya dengan permasalahan antar-geng. Jika telat, perang antar-geng bisa pecah dan masyarakat akan diresahkan oleh masalah tersebut.

Selanjutnya, permasalahan personal yang mengaitkan Tito Kei. Permasalahan tersebut kemungkinan sangat serius sehingga menyebabkan kematian korban. ''Mana mungkin dia sampai berani membunuh kalau masalahnya tidak serius,'' kata Bambang.

Jika keduanya tidak memiliki masalah terkait geng dan personal, ujarnya, berarti ada penembak misterius yang membuat polisi harus bekerja ekstra keras.

Menurutnya, polisi perlu berkordinasi dengan aparat militer (TNI) jika pengungkapan kasusnya adalah pembunuhan oleh pelaku yang misterius. ''Agar pemberatasannya lebih terarah, agar tidak timbul tindakan yang diluar hukum,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement