Senin 27 May 2013 08:08 WIB

Tahun Depan, Ijazah MD Jadi Syarat Masuk SMP di Kota Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: M Irwan Ariefyanto
Suasana belajar di Madrasah Diniyah (ilustras)
Foto: dangdutpantura.
Suasana belajar di Madrasah Diniyah (ilustras)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Pemkot Sukabumi akan mewajibkan pendidikan madrasah diniyah (MD) bagi anak-anak. Pendidikan di MD ini akan dijadikan persyaratan bagi pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).‘’Mulai 2014, siswa yang melanjutkan ke SMP negeri harus memiliki ijazah MD,’’ ujar Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, akhir pekan lalu.

Kebijakan ini merupakan salah satu program kerja pemerintahan baru Kota Sukabumi yang dipimpin Mohammad Muraz dan Achmad Fahmi. Menurut Muraz, penerapan pendidikan MD ini didasarkan sejumlah pertimbangan. Di antaranya pendidikan agama harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Ditambahkan Muraz, pendidikan agama diharapkan mampu membekali para siswa dalam kehidupan.

Targetnya, para siswa memiliki budi pekerti dan akhlak mulia seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Muraz menambahkan, kewajiban menempuh pendidikan MD tidak akan membebani masyarakat. Hal ini untuk menyikapi adanya aspirasi dari warga yang menyatakan khawatir adanya biaya untuk sekolah di MD.

Dalam rentang waktu satu tahun akan dilakukan upaya sosialisasi sebelum diterapkan pada 2014 mendatang. Selain masalah MD, kata Muraz, Pemkot Sukabumi juga meminta setiap sekolah menyediakan sarana ibadah yang memadai. Hal ini sebagai bagian menciptakan generasi muda yang unggul secara akademik dan soleh secara kepribadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement