Jumat 17 May 2013 21:18 WIB

Survei: 76,7 Persen Pemilih Demokrat Bakal Berimigrasi

Partai Demokrat
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Partai Demokrat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Media Survei Nasional (Median) memperkirakan 76,67 persen pemilih Partai Demokrat pada 2009 akan melakukan migrasi ke partai lain dalam Pemilu 2014.

"Hanya sekitar 23,33 pemilih yang masih loyal untuk memilih Partai Demokrat," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun dalam jumpa pers bertajuk "Elektabilitas Partai dan Migrasi Pemilih Jelang Pemilu 2014", di Jakarta, Jumat (16/5).

Menurut Rico, data itu merupakan salah satu dari hasil survei Median terhadap dinamika politik April-Mei 2013.

Ia mengatakan secara umum telah terjadi semacam fenomena migrasi atau perpindahan pemilih dari partai-partai politik yang ada.

"Beberapa faktor menjadi penyebab migrasi pemilih tersebut, salah satunya adalah pemberitaan negatif seputar dugaan korupsi yang dilakukan oleh para elit partai," katanya.

Ia menyebut bagaimana belakangan ini publik disuguhi pemberitaan secara gencar seputar tuduhan korupsi yang menimpa dua partai yaitu Partai Demokrat dalam kasus Wisma Atlet dan Hambalang.

"Kasus korupsi yang menimpa elit partai tersebut pasti mempengaruhi persepsi publik terhadap kedua partai tersebut dan bisa menjadi pemicu terjadinya migrasi pemilih," katanya.

Berdasarkan hasil survei itu, lanjutnya, Partai Demokrat menempati peringkat pertama dalam hal migrasi atau perpindahan pemilih.

"Hal itu tidak mengherankan, jika melihat gonjang-ganjing kasus korupsi yang diduga dilakukan oleh para petinggi partai itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement