Senin 06 May 2013 04:13 WIB

RI Siap Produksi Pesawat Pengintai tak Berawak

Drone, pesawat tak berawak/ilustrasi
Foto: guardian
Drone, pesawat tak berawak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Didanai oleh Kementrian Pertahanan, Indonesia pertama kali mencanangkan pengembangan pesawat pengintai tak berawaknya tahun 2004.

 

Wulung, jenis pesawat tak berawak hasil kerja sama antara beberapa badan pemerintah  siap diproduksi secara besar-besaran bagi angkatan udara Indonesia tahun ini.

Prototype Wulung dirancang dan dibuat di dalam negeri dan akan digunakan untuk tujuan-tujuan non militer seperti memantau kegiatan gunung berapi, mengawasi penebangan hutan liar dan mengawasi kawasan maritim Indonesia yang luas.

Samudro, Direktur Badan Penerapan Riset dan Tehnologi yang ikut merancang prototype itu mengatakan pesawat pengintai itu akan membantu Indonesia mengawasi 17 ribu pulau dan berbagai perbatasan. “Untuk mengawasi perbatasan, penangkapan ikan ilegal, perdagangan manusia dan juga upaya pencaharian dan penyelamatan,” kata Samudro seperti dilansir situs voa.

Pesawat pengintai itu akan ditempatkan di kawasan perbatasan luas Indonesia dengan Papua dan Timor Timur di wilayah timur serta Malaysia dan Brunei di barat laut.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement