Jumat 19 Apr 2013 19:47 WIB

PAN Ingin Rebut Suara yang Hilang

Viva Yoga Mauladi
Foto: Antara/Ujang Zaelani
Viva Yoga Mauladi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) menargetkan kursi dari 45 dapil yang selama ini menjadi penyumbang terbesar pada pemilu 2009 lalu. "Dapil ini juga mayoritas berada di Pulau Jawa. Jadi PAN menargetkan untuk mempertahankan 45 dapil itu dan merebut kursi yang sempat hilang dari pemilu 2004 ke 2009," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Jumat (19/4).

Menurutnya, pada pemilu 2004 PAN meraih 53 kursi DPR. Kemudian berkurang menjadi 46 kursi pada 2009. "Berarti ada tujuh kursi yang hilang. Kursi yang hilang itu ada di dapil Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Itu yang akan kita rebut kembali," lanjut dia.

PAN juga berupaya menambah kursi baru di dapil yang sebelumnya belum menyumbangkan kursi. "Sehingga, target partainya yakni meraih 77 kursi pada 77 dapil yang ada."

Khusus Pulau Jawa, partai ini menargetkan 11 kursi di Jawa Timur, 10 di Jawa Tengah, dan 11 di Jawa Barat. Pemilu lalu, di tiga provinsi ini, PAN memperoleh tujuh kursi di Jawa Timur, tujuh kursi di Jawa Tengah, dan dua kursi di Jawa Barat.

Meski pun berskala nasional, namun PAN akan fokus ke Pulau Jawa karena masih menjadi pimadona. "Karena jumlah pemilih paling banyak di Pulau Jawa, 68-70 persen pemilih ada di Pulau Jawa," kata Viva.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement