Senin 15 Apr 2013 21:43 WIB

Jumlah Mahasiswa Indonesia di Amerika Meningkat Tajam

Duta Besar Amerika Serikat,  Scot Marciel
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Duta Besar Amerika Serikat, Scot Marciel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel mengatakan, jumlah mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di AS naik 30 persen menjadi tujuh ribu orang sejak 2011.

"Jika ada yang lolos untuk sekolah di universitas di Amerika Serikat, saya tentu dapat permudah untuk urusan visa pelajar," ujar Dubes Marciel saat pembukaan pameran sekolah pascasarjana hukum Amerika Serikat di Jakarta, Senin (15/4).

Data peningkatan 30 persen itu, lanjut Marciel berasal dari jumlah visa yang telah dikeluarkan Kedutaan Besar AS.

"Ini sangat menguntungkan untuk kedua negara. Indonesia sangat potensial, dan AS memiliki universitas-universitas terbaik di dunia," ujarnya.

Marciel mengatakan, pendidikan di AS dengan kualitas global dan lingkup pergaulan yang luas, tetap dapat memelihara rasa cinta pelajar Indonesia terhadap tanah air. Ia menolak asumsi yang menyebutkan banyak pelajar Indonesia di AS yang telah lulus, kemudian lebih memilih berkarir di Negeri Paman Sam, dibanding membangun negeri sendiri.

"Saya kira banyak orang Indonesia yang belajar di AS, kemudian pulang ke Indonesia. Melihat pendidikan hukum di AS, itu dapat berguna untuk negara demokrasi Indonesia dalam memperbaiki segala sesuatu tentang hukum," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement