Ahad 14 Apr 2013 07:16 WIB

Asyik, Air Hujan Bisa Diolah Jadi Air Bersih

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: Republika/Adhi W
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Jakarta, Dinas Pendidikan DKI bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik (Unika) Atmajaya dan pihak swasta akan membangun tempat penampungan air hujan di 13 sekolah milik pemerintah. Nantinya, air hujan yang telah ditampung diolah menjadi air bersih yang bisa dimanfaatkan untuk minum dan cuci tangan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, program pembangunan infrastruktur bernama Rain Water Harvesting System (RWHS) merupakan ide mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya. Namun, ide tersebut tidak bisa terealisasi karena terhalang dana. Basuki pun meminta bantuan rekan pengusaha rokok untuk memberikan bantuan dana guna membiayai program yang diterapkan di sekolah.

Rencana awal akan dibangun 13 RWHS di sejumlah sekolah milik pemerintah. Saat ini sedikitnya sudah ada lima sekolah yang telah menerapkan teknologi RWHS di antaranya SMPN 120 Kamal Muara, SDN 01-02 Kamal Muara, SDN Pejagalan 01 dan 02.

"Tawaran bantuan dana dari pengusaha rokok terpaksa dibatalkan atas desakan rekan-rekan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Karena program ini diterapkan di sekolah, jadi tidak mungkin minta sokongan dana ke pabrik rokok," ujarnya, saat meresmikan program RWHS di SMPN 120 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, seperti dilansir situs beritajakarta.com.

Basuki pun tidak kehilangan akal, ia akhirnya meminta bantuan ke Yayasan Barito Pasifik untuk mendanai program RWHS yang diprakarsai mahasiswa tersebut. "Baru 5 dari 13 RWHS yang akan dibangun. Kami berharap semakin banyak perusahaan yang peduli dan berkenan mengarahkan dana CSR-nya untuk pembangunan infrastuktur pengolahan air hujan ini di gedung sekolah," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement