Rabu 12 Jun 2013 14:42 WIB

Niat Pemprov DKI Beli Sekolah Bangkrut Dinilai Tepat

Rep: Ratna Tejomukti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH – Pengamat Pendidikan asal ITB Indra Djati Sidi mengatakan rencana pemprov DKI membeli sekolah swasta yang hampir bangkrut cukup tepat. Langkah tersebut dinilai sebagai salah upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Indra mengatakan langkah pertama sebaiknya jangan serta merta membeli terlebih dahulu. Tetapi perlu ada pembinaan terhadap sekolah swasta terlebih dahulu.

“Bisa saja Pemprov melakukan pembinaan dengan menambahkan guru bantu maupun mensubsidi keuangan sekolah,” ujarnya pada Republika, Rabu (12/6). Tidak bisa memang sekolah swasta hanya menggantungkan keuangannya hanya pada pemerintah saja.

Tetapi kalau memang sudah tidak mampu dilakukan pembinaan maka pilihan kedua dengan membeli sekolah tersebut lebih tepat. Apalagi jika sebuah sekolah hanya memiliki peserta didik dibawah 30 persen dari kapasitasnya.

Pilihan lain untuk menyelamatkan sekolah tersebut adalah dengan menggabungkan sekolah swasta dengan sekolah swasta yang lain. Sehingga mereka dapat saling membantu dalam masalah keuangan.

Sekalipun pemprov akan tetap membeli sekolah swasta dan menjadikannya negeri perlu diingat dampak yang akan terjadi. “Jangan sampai munculnya sekolah negeri baru akan berakibat matinya sekolah swasta menengah bawah yang berada di dekat sekolah tersebut,”ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement