Selasa 26 Mar 2013 18:10 WIB

Asrama Mahasiswa di Yogya Harusnya Jadi Etalase Budaya

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Hafidz Muftisany
Mantan wali kota Yogyakarta, Herry Zudianto
Foto: Republika
Mantan wali kota Yogyakarta, Herry Zudianto

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Mantan wali kota Yogyakarta, Herry Zudianto menyebut asrama mahasiswa daerah seharusnya menjadi etalase budaya masing-masing daerah. Ia mengaku aktif mengunjungi asrama mahasiswa dari daerah saat menjadi wali kota.

''Saya juga aktif mengunjungi IKPMD (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah). Saya waktu itu punya gagasan supaya asrama itu menjadi etalase budaya dari daerah masing-masing. Ada pemerintah daerah yang menyambut baik, tetapi yang cuek juga banyak,''katanya, Selasa (26/3).

Karena asrama menjadi etalase budaya daerah masing-masing atau sebagai anjungan daerah, Herry menambahkan, bisa dikunjungi anak sekolah yang melihat kreasi seni, foto-foto.

Bahkan anak-anak sekolah atau anak lokal yang tinggal  di sekitar asrama bisa belajar menari, menyanyi dan bahasa daerah yang diajari oleh mahasiswa daerah yang sekolah di Yogyakarta.

Di asrama bisa ada kegiatan pentas seni, pameran,  secara rutin yang dibiayai oleh pemerintah daerahnya masing-masing. Di samping itu, apabila di lingkungan asrama ada kegiatan rutin bisa mengajak mahasiswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement