Ahad 24 Mar 2013 15:25 WIB

Menkopolhukam: Tangkap dan Adili Pelaku Penembakan!

Rep: Esthi Maharani/ Red: Nidia Zuraya
Djoko Suyanto
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menko Polhukam Djoko Suyanto memerintahkan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jendral Timur Pradopo untuk segera mengusut kejadian penambakan brutal di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (23/3) dinihari. “Siapapun pelakunya harus segera ditangkap dan diadili,” perintah Menkopolhukam Djoko Suyanto katanya akhir pekan ini.

Dalam penembakan itu, ada empat penghuni lapas yang tewas. Mereka yakni tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus Kandang, Sersan Satu Santoso, di Hugo's Cafe, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui pada Sabtu (23/3) pukul 00.30 WIB, Lapas Cebongan, Sleman didatangi belasan orang bersenjata yang mengenakan penutup muka. Mereka mengaku sebagai anggota Polda DIY yang akan menitipkan tahanan ke Lapas tersebut. Namun, petugas Lapas menolak membukakan pintu dan meminta izin kepada atasannya lebih dulu.

Tidak terima dengan alasan itu, para pelaku mengancam akan meledakkan pintu Lapas dengan granat. Kemudian, petugas membuka pintu dan diminta untuk menunjukkan sel yang ditempati empat tahanan bernama Dicky Sahetapy, Dedi, Aldi, dan Johan. Sipir Lapas menolak untuk menunjukkan sel tahanan tempat keempatnya ditahan.

Penolakan itu membuat para pelaku naik pitam dan memukulnya dengan senapan yang sudah dipersiapkan sejak awal. Akibatnya, sipir Widiatmoko (35) mengalami luka di bagian mulut dan gigi depan tanggal. Sedangkan Nugroho Putro (30) wajahnya bengkak setelah dengan senjata. Kedua korban kini tengah menjalani perawatan di RSUD Murangan.

Tiba di sel tempat keempat tahanan beristirahat, para pelaku lantas mengeksekusi seluruh tahanan dengan menembakkan senjatanya kepada keempat tahan tersebut. Para korban tewas dalam posisi tengah tertidur pulas. Usai melaksanakan eksekusi, para pelaku kemudian melarikan diri.

Dicky Sahetapy, Dedi, Aldi, dan Johan yang menjadi korban penembakan di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta, adalah tersangka penganiayaan yang menewaskan seorang anggota Kopassus, Sertu Santoso (31) di Hugo's Cafe Kota Yogyakarta, pada 19 Maret lalu. Keempatnya ditempatkan dalam satu tahanan bersama 31 tahanan lainnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement